RSS

Review: Jelly Bean on Google Nexus S

31 Aug

Umur ICS cepat yah. 6 bulan kalo ndak salah. Mungkin karena ICS punya bugs yang mengganggu sampai secepat itu keluar update terbarunya si Android. Well, here comes the 4.1, Jelly Bean.

Sebagai pengguna Nexus S *bahagianya masih dapat update* gw akan berbagi pengalaman pemakaian OS ini.

Udah sekitaran 2 minggu ini *draft tulisan ini sudah dibuat sejak lama, hehe :p* menggunakan si Jelly Bean (JB). Pakai Stock ROM, portingan dari Galaxy Nexus. Resminya sendiri baru pas awal-awal bulan puasa ini. Fitur utama terbaru yang udah ga asing kayak Google Now, Offline Voice Typing, New Notifications, New Google Voice Search dan Project Butter semuanya berjalan dengan baik. Khusus yang saya sebut terakhir, wuzz, terasa responsif yang meningkat berkat triple buffering khusus untuk UInya. 3 lainnya udah banyak yang share itu semua di youtube. Kalo Voice Searchnya bisa bahasa Indonesia sih, gw juga bakal kasih reviewnya di sini.

Di sini, gw akan mencoba melihat hal lain yang nongol di JB ini. Baik yang menguntungkan maupun yang tidak.

Menguntungkan
Camera. Untuk yang 1 ini, enhancement-nya menurut gw mantab. Shutter speed meningkat. Integrasi dengan Gallery yang cool abis. And, say goodbye to laggy. Preview pic after take photo, easy swipe delete, fast & smooth, plus a good animation while changing front-rear camera. What else you expect?

image

Disable App Notification. Say goodbye to push ads notifications! Yep, beberapa Android apps memang annoying dengan ads-nya. Well, timbal balik atas gratisnya. Tapi, ads jenis notifikasi… inilah yang paling mengganggu. Dan di Jelly Bean ini, bisa dimatikan. Yeay!

image

Developer Options. Memang, tujuan utamanya jelas untuk para developer. Tapi, fitur didalamnya patut dicoba lhoh. Daripada menggunakan aplikasi-aplikasi optimasi RAM yg nge-kill background app secara paksa, Developer Mode ini bisa jadi alternatif. Fitur yang asyik di sini: setting background app and behaviournya. Kita bisa atur nih berapa banyak background app yang bisa jalan. App bisa dibuat langsung killed begitu ditutup. Dan lain sebagainya. Jadi, buat yg mau nge-game yg berat, fitur ini bisa dimaksimalkan. Coba dech!😉

image

Recent Apps. Well, fitur ini sudah ada sejak awal Android. Kalo dulu dengan menekan tombol home lama, sekarang dengan tombol khusus recent app. Kalo dulu hanya shortcut yang tampil, sejak ICS jadi thumbnail dan interactive. Sejak ICS, fitur ini begitu dikedepankan (dgn hadirnya tombol khusus ini). Tentu dgn tujuan mengokohkan the real multitasking-nya Android. Tapi, baru berasa bergunanya di Jelly Bean ini. Di ICS, butuh waktu yg lama untuk meload fitur ini. Di Jelly Bean, set. Jauh lebih responsif dan menjadi begitu berguna sekarang.

image

Merugikan
Google Search-Google Now. It’s new. It’s great by the new voice search with natural language. Contradictory, it’s slow. Tombol search sejatinya memang sudah hilang di device yang langsung mengusung 4.0 and up, tapi Nexus S dan teman2nya masih punya. Begitu tersentuh, pasti langsung lari ke Google Search dan loadnya lamaaaa. Sungguh mengganggu kalo lagi ngetik-ngetik panjang atau ngegame ga sengaja kesentuh nih tombol =,=. Opsinya: disable it!

image

Choosing Alternative Apps. Butuh 2 sentuhan. Mungkin bagian ini satu-satunya yang menjadi tidak efektif di OS terbaru ini. Kalo dulu 2 sentuhannya dibutuhkan kalo memilih default app, sekarang butuh 2× untuk semuanya: baik default app maupun “just once”. Merepotkan.

image

Yak, ini lah Jelly Bean. Buat yang belum mendapatkannya, bersabar dan berdoalah supaya devce-nya disupport sama yg buat atau seenggaknya ada yg custom ROMnya. Enjoy!

Posted from WordPress for Android

 
Leave a comment

Posted by on Aug 31, 2012 in Review

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: