RSS

Ngga’ Cuma Avatar yang Harus Punya 4 Elemen

14 Sep

Negeri pun harus memilikinya. Seorang Aang wajib menguasai 4 elemen jika ingin menjadi seorang Avatar sejati, Udara, Air, Api dan Tanah. Suatu bangsa, negeri pun wajib memilikinya.

Masih ingat kan dengan tulisan saya yang di sini? Yak, Jumat ini kembali sang Ustadz tersebut memberikan kesegaran di siang yang cukup cerah ini. Tambahan profil: ternyata si bapak ustadz ini -yang sekali lagi, agak2 mirip Anies Baswedan- merupakan lulusan S2 yang baru saja disekolahkan oleh BRI. Jadi, si bapak ini pegawai BRI yang nasibnya sama seperti saya, lagi menunggu penempatan. Nama? Semoga bisa mengetahuinya pada kesempatan berikutnya. So, this is the story.

Khutbah dibuka dengan Al A’raaf: 96

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.”
“Yet if the people of those communities had but attained to faith and been conscious of Us, We would indeed have opened up for them blessings out of heaven and earth: but they gave the lie to the truth – and so We took them to task through what they [themselves] had been doing”

Yep. Khutbah kali ini bercerita tentang bangsa dan negara. Sebuah riset mengatakan, bahwa penduduk Indonesia dari waktu bangun tidurnya sudah mencaci pemerintahan negerinya sendiri. “Nggak berkah itu” .  20 Mei 1998 kita masih memuliakan seorang presiden Soeharto. 21 Mei 1988, langsung kita dengan mudah mencacinya dengan segala korupsinya. Masa lalu langsung dilupakan begitu saja. Masa reformasi menggantikan masa Orde Baru. Mereka yang dulu mencacinya, menduduki jabatan tinggi. Lalu apakah korupsi hilang? Malah justru semakin besar.

Lalu, bagaimana supaya negeri Indonesia yang kita cintai ini bisa menjadi lebih baik? Menjadi negeri yang diberkahi oleh Allah SWT? Padahal kata seorang penyair, Indonesia adalah secuil surga di zamrud khatulistiwa.  Ada 4 elemen yang harus dipenuhi oleh negeri ini.

1. Ulama yang Berilmu Tinggi

Imam Hanbali adalah salah contoh ulama yang bisa dijadikan panutan. Tak hanya berilmu tinggi, tetapi juga tak terbeli. Seorang ulama seharusnya berpegang teguh pada ilmunya. Tidak terbeli oleh suatu apapun. Tidak menjual ilmunya pada kepentingan tertentu kecuali untuk kebaikan umat.

2. Hakim yang Adil

Elemen berikutnya adalah seorang hakim yang mampu memberikan hukuman yang adil bagi semua. Bukan hakim yang memberikan hukuman 3,5 tahun bagi pencuri ayam, hukuman 6 bulan bagi pengutil sandal, malah hukuman 2,5 tahun plus keringanan tahanan 2/3 masa tahanan bagi koruptor puluhan Milyar. Udah gitu dikasih kamar ber-AC pula .

3. Pemimpin yang Amanah

“Ya Allah, berikanlah kami pemimpin yang takut padaMu dan sayang pada kami”. Sepenggalan doa ini merupakan contoh seorang pemimpin yang pantas. Ada sebuah hadits (atau ayat Qur’an, maaf saya lupa), yang juga mengatakan bahwa “Pilihlah pemimpin yang tak berambisi untuk menduduki kedudukannya”. Karena ditakutkan pemimpin yang seperti lalai akan amanahnya dan lebih memilih mempertahankan kedudukannya. *ane kira tadinya mau nyerempet2 ke Pilkada DKI, hehe*.

4. Rakyat yang Taat Beribadah
*jleb* *jeb jeb jeb JLEB*

Semoga negeri Indonesia ini benar-benar bisa menjadi secuil surga di zamrud khatulistiwa. 5, 10, 50, atau pun ratusan tahun lagi. Aamiiinnn.

Sumber gambar:
1. Onion Head Emoticon: http://www.laymark.com/emoticons.onion.php
2. Ulama: http://dkmlibaasuttaqwa.wordpress.com
3. Palu Hakim: http://annida-online.com
4. Pemimpin: http://leny-bariyah.blogspot.com

_rd_

 
1 Comment

Posted by on Sep 14, 2012 in Inspiration, Islam

 

Tags: , , , , ,

One response to “Ngga’ Cuma Avatar yang Harus Punya 4 Elemen

  1. sybond

    Sep 14, 2012 at 15:24

    Aamiin.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: