RSS

Kehilangan Dompet + Tempat Tinggal Jauh = Butuh Ongkos. #Modus Kah?

25 Jan
Kehilangan Dompet + Tempat Tinggal Jauh = Butuh Ongkos. #Modus Kah?

image

Hidup di Jakarta yang keras ini terkadang membuat hati pun menjadi keras, waspada dan selalu curiga. Apalagi dengan adanya info berbagai macam modus penipuan yang menjamur di kota ini. Investasi bodong, sms ‘berhadiah’ bahkan sampai ‘mama minta pulsa’. Mungkin sudah sekitar 3-4 kali saya menghadapi situasi ini. Lebih tepatnya dihadapi pada orang yang mengalami kejadian ini. Rasanya jadi curiga, benarkah? Atau hanya sebuah modus minta-minta dengan skenario baru? Siapa bilang negeri ini miskin kreatifitas?

Pertama kali saya mengalami kejadian ini saat di Depok. Tepatnya di Kukusan. Jalan kaki. Secara random, berpapasan dengan orang di jalan yang kemudian menyapa. Lalu tiba2 dia menceritakan situasi yang sedang dia alami. Dompetnya hilang/dicopet. Harus pulang, jauh. Waktu itu bilangnya di Serang. Dan tak punya ongkos sedikitpun yang tersisa. Dia pun langsung menyebut angka 20 ribu, nominal yang cukup besar bagi mahasiswa seperti saya. Well, pengalaman pertama. Tanpa curiga. Keluarlah lembaran hijau tersebut.

Pengalaman kedua, yang ini saya lupa. Tapi, saya pun tetap tidak curiga.

Sampai akhirnya mendapati pengalaman ke-3. Dikala sedang dinas di daerah Serpong. Waktu itu sudah sore. Saya harus kembali ke kantor. Namun, karena belum sempat Ashar, saya pun menyempatkan diri mampir di mesjid terdekat. Selesai sholat, situasi yang sama kembali terjadi. Di sini saya curiga. Masa sih bisa mendapati situasi yang sama begini sampai 3 kali? Untuk yang ini, saya lupa akhirnya memberikan atau tidak. Mungkin tidak. Entahlah, jadi punya rasa bersalah akhirnya. Dan di jalan pun, saya cuma bisa berdoa agar si ‘bapak’ tersebut bisa pulang sampai ke rumahnya dengan selamat.

Lalu yang terakhir, yang ini agak sedikit berbeda. Karena kejadiannya di stasiun. Tapi, kecurigaan terasa lebih tinggi karena ‘dia’ sudah berada di stasiun yang notabene takkan bisa masuk kalau tidak punya tiket. Ah, entahlah. Saya hanya bisa bantu sebisanya dan hanya bisa berdoa.

Well. Begitulah. Jakarta memang punya banyak cerita. Hidup penuh persaingan, baik di kantor maupun di jalan. Tapi, di Jakarta ini, kita menemukan teman-teman terbaik. Kita menemukan kesenangan dalam hidup. Film terbaru. Kuliner. Ah, banyaklah. Jadi, adakah diantara kalian yang pernah mengalami hal yang sama?

~gambar dicomot dari http://calvarychapelabuse.com

Posted from WordPress for Android

 
Leave a comment

Posted by on Jan 25, 2013 in Miscellaneous, My Life

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

 
