RSS

KRL Indonesia – Dahulu

15 Jul

Dalam 4 tahun terakhir ini, wajah commuter line terus berubah. Pembenahan besar-besaran dilakukan demi mewujudkan transportasi massal yang nyaman bagi warga Jabodetabek. Sebagai penggemar, saya mau mencoba mengingat-ingat apa yang pernah saya alami.

Meskipun saya aktif jadi anker (anak kereta) sejak bekerja di bilangan Thamrin tahun 2010, saya sudah mencicipi kereta kota ini sejak SMP (kelas 2 kalo tidak salah). Di masa itu, saya yang masih polos ini (sampai sekarang) belum tahu jadwal kereta (entah ada atau tidak). Yang saya ingat, ada 3 jenis kereta yang melintas yaitu KRL-Kereta Listrik, KRD-Kereta Diesel, dan kereta jawa pastinya. KRL cuma ada yang ekonomi. KRD isinya jauh lebih luar biasa daripada KRL ekonomi saat itu (padahal eko-nya juga udah ‘wah’ isinya). Mulai dari sekarung beras, sayur-mayur hingga ada pula ayam hidup lengkap, garapan ladang dan ternak. Aromanya, mantab jaya. Khas Indonesia.

Kalo KRL sih, yaa ngga beda jauh dengan keadaan sekarang (sebelum tarif progresif). Pengamen, penjual tahu, buah, minuman, perlengkapan wanita, dll bagai pasar berjalan. Lengkap, murah meriah pula. Kalian bisa mendapatkan apel 1000-an, salak 1 ranjang 3000, kain kanebo 5000, sampai earphone 10.000an. Cara menajajakannya pun berbeda, buah biasanya dengan menumpuk tempat kayu lalu dikasih roda di bawahnya.

kompasiana.comLainnya, biasanya pedagangnya bawa tas punggung, trus keliling dengan beberapa barang dagangan di tangannya. Nah, kalo perlengkapan wanita ada yang pake roda, ada pula yang pake gantungan. Yang pake gantungan ini, biasanya langsung digantung di depan wanita-wanita yang duduk. Menggoda secara tidak langsung. poskotanews.comPasar rakyat mobile ini hadir di depan anda. Pengamen pun beragam, ada yang gendong speaker + mike, ada yang duo, hingga satu band lengkap gitar, bas, drum dan vokalis. Kadang lengkap dengan aki kalo pake bas/gitar listrik dan sound-nya. Ada pengemis, juga tukang sapu kereta (yang buang sampahnya lewat sambungan antar gerbong. Jadinya ya sama aja dong yah >.<).

Begitulah KRL Ekonomi, dari dulu hingga sekarang. Namun sayang, KRL Ekonomi sudah mulai dihapuskan saat ini. Usia berbicara. Memang sudah saatnya pensiun. Bye KRL Ekonomi, semoga diri kalian bisa hidup kembali suatu saat nanti menjadi KRL AC (Commuter Line). Bersambung…

shnews.co

_rd_
Posted from Android

catatan:
gambar 1 googling nemu di sini
gambar 2 googling juga, nemu di sini
gambar 3 tetep setia sama googling, nemu di sini

 
Leave a comment

Posted by on Jul 15, 2013 in Miscellaneous

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: