RSS

Ye Elah

02 Aug

Ye elah, lagi-lagi novel Tere-liye. Judulnya macam novel-novel cinta yang ada di lemari rumah koleksi enyak dulu: “Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah”. Ye elah, cerita utamanya? Bisa dibilang sih tentang cinta. Tapi, taulah gimana Tere-liye kalo sudah membuat novel tentang cinta, tak ada adegan-adegan senonoh lebay dengan kata-kata paling romantis seantero negeri. Yang ada hanyalah sebuah cinta sederhana, bahkan tak pernah diungkapkan dalam novel ini. Ye elah, ceritanya sungguh sederhana, kehidupan sungai Kapuas di negeri Pontianak sana, seorang bujang berhati lurus pengemudi sepit (asal kata: speed) –perahu kayu dengan mesin tempel penyeberang Kapuas, wanita keturunan Tiongkok (saya curiga, jangan-jangan Tere-liye dulu ngga kesampaian cintanya sama seorang Tiongkok. Hampir setiap novelnya, wanita cantiknya hampir selalu dari etnis ini). Tuh, cuma itu. Dan ceritanya sukses gw babat dalam 3 hari 2 malam. Padahal, tebalnya sampai 507 halaman! Ampun!

sepit

sepit

507 halaman. Harry Potter seri 3 sepertinya sama tebalnya. Tapi asyik aja bacanya, mengalir tanpa henti, karena begitu sederhana. Alurnya maju, sambung-menyambung dan kemudian selesai. Yang pasti, indah. Seperti biasa khas seorang penulis ini. Sampai kepikiran mau pensiun di Kapuas jadi pengemudi sepit, layaknya Pak Tua. Apalagi momen perayaan tujuh belasan. Lomba balap sepit. Kekeluargaan yang dibentuk begitu erat menjadi persaingan nan lucu. Gw yang sukses terbawa suasana novelnya jadi suka senyum-senyum dan ketawa-ketawa sendiri sampai diteriaki orang gila.

Ah, sudahlah. Gw emang ngga bisa buat resensi *perasaan dari awal emang ngga niat*. Mending buat kamu yang lagi suntuk, lagi galau, habis ditinggal pacar, atau yang lagi bahagia pun, baca saja novelnya dan nikmati indahnya percampuran etnis di kota Pontianak.

nb: gambar sepitnya nyomot dari sini

 

 
Leave a comment

Posted by on Aug 2, 2014 in Inspiration, Review

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: